Tek Motor’at a, Kaisat Maof Tua!

Au noen, au no, au ole, au tata sin ok-oke,.

Neno un e, hit noin, hit ama, hit abo sin ok-oke nao on me-me nao luma ha. Naon hae. Sin nao nekan sae sa-sa. Naon haka lo’o ka, sa nen ten nao neu lalan pau mak e, sin naon hae ra ha. Atoin amui tin esan mu’in bikase. Bikase tsoE tak nan bael kase, neu ba ha a’mui loitin. Neno un e msat bikase neu ba ha Uis fin – Uis fin nok sin tamuk nin.

Ton ma ton onan, hit atoin in oe kat, so et tak sin mulai nmaju. To an E nahin bikase ben. Bikase so E tak ia bael biasa ben. To an E nabe en sos se msat. Ma oekat mbi me-me bisa tit bikase. Atoin meto nmulai nmui bBikase fun hen pake he nao on me-me, nes nes hen nao on lal haka lo’te – nao ona pas E he na’sau pena, na’sau laku (laok hau nok laok pina), na’sau bale. Oras ia hit tahin ne tek istilah ‘barter’ – in arti nak tukar bale tek bale msat.

Onan, hit atone meto un-unu naon hae, oe kat nabe sae bikase. Muni ia, tobe nahinan ten bael kase bianan ten, on le sepeda, motor nok oto. Neno hi tak ia bael kase, me muni ia bale le ia esat in mui kun nen. Nes-nes esa ‘bikaes bese’ (motor). Ume esat tan nmui kun motor ben. Es onan, noko ha mnasit tala lian an-ana – lian SD msat nabe’en sae motor nok sepeda ben. Pahe lo nmaju ben. Hit kuane lo nmaju kleo ben natuin le bikaes bese.

Muni ia na be hit ka bisa ta nes E nok neno un E.  Atoin a’mui lolelf nok nekaf memang in hen maju natuin, le teke tak Zaman modern. In moe sa-sa he laba. In Nao on me he lab-laba. In kan palun ten fa bikaes meto nten he nao on me-me, fun bikase humaf ia nao ta lo. Muni ia in lomi ha bikaes bese fun he nao tlaba ha. Es onan, es-esat in hen mui kun bikaes bese.

Naleok! Sae bikaes bese tlo naleok. Bisa nbantu kit huma-huma. Nbantu kit alekot. Hit nao on me laba ha, het on le het nao het meup hit mepu, hit na be nao laba ha.

Me fe esat ta neo pet in susar es le hit anhin kalu nsae ‘bikase hopo bese’ le ia. Sin kalu naot fe esat kan panton fa. Sin hen top na net, nat pen-nat pen. Naen nat huma bikaes feu poe noko o’Fe. In nak oena inin mes esa nao esa op E 😛 .

Nam leun ten es kalo nek motor at a ‘nmaof’ tua. Ta neop tuka tak am nek motor ia lo in naem nok hen maet. Maof tua at lo taha hi na ha. Hit loel ken kabu.

Neon Ne baru-baru ia – tanggal 24 fun Nima ton 2014 (nifu nua ma bo esam ha) le ia, tuaf nua nek motor es tabrak trek es mparkir bin lal ne nine. Kejadian le ia bin kilo sambilan, pau mak le tugu bin kantor BAPEDA Kefa in mat ne. Sin tabrak trek le ia noba fe nok-noka, manse fe kan ba bol. Au msat ka ite fa langsung, au nen noko ha apio tin, nak sin mafun tua. Sin nek motor me nmafun tua. Susar. Au ak sa, tek motor ma tmaof, lo hi taem nok het nao het maet.

Hit noen nok hit no sin le fe esat na kit nak, tek motor’at a, kaisat maof tua! Loem he tiun tua, het tamlile me tiun ta lael kaisat beraen he tek motor, ai oto msat.

Kejadian esan nten waktu au fe SMA. Bis es nae nam poe noko lal ne ma ntabrak hau mahoni. Kejadian in mbin kilo 12 (bo esam nua) jurusan Kupang. Bis noko ha Kefa he nao on Kupang me ntia kilo 12 in na be nae nan poe noko lal ne. Au pas fe oko Kefa nao on ume. Au nen apio tin bin le bale kejadian le ia nak sopir am nek le oto ia sopir tembak man maof tua nok. Susar Usi.

Maof tua le tek bikaes bese,.lo susar. Hit taem nok het maet. A leok te, kalu tmafot a tup het a E 🙂 . Cerita-cerita le ia au sengaja he tpiO neu ia he hit na be tahin le akibat noko tmaof tua ma tek motor ai oto. Ta neop ma ta neopan ten.

Atone nua tabrak trek bin Kilo 9 (sambilan), kantor Bapeda Kefa mat ne. (Foto au ai ti noko ha Facebook)
Atone nua nek motor tabrak trek bin Kilo 9 (sambilan), kantor Bapeda Kefa mat ne. (Foto au ai ti noko ha Facebook Kawan – au toet izin) – 2 orang pengendara motor menabrak truk di km 9, depan kantor Bapeda Kefa

 

<===============================================>

Versi Indonesia :

Bawa Motor, Jangan Mabuk!

Bapa –ibu, adik-kakak semuanya,.

Dulu, orangtua, nenek moyang kita bepergian ke mana-mana tanpa menggunakan apa-apa. Mereka tak menumpang apa-apa. Bepergian jauh sekalipun, apalagi pergi ke tempat yang dekat, mereka hanya jalan kaki. Hanya orang berada yang memiliki kuda. Sehingga kuda dianggap barang mewah, hanya untuk orang berada. Dahulu kala juga, kuda hanya digunakan oleh para raja – raja dan prajurit-prajuritnya.

Lambat laun, masyarakat mulai sedikit maju. Mereka mulai mengenal kuda. Kuda sudah mulai menjadi barang lazim. Masyarakat bisa memiliki kuda. Sehingga kuda bisa dilihat di mana-mana. Masyarakat mulai mengenal kuda karena kuda bisa dipakai untuk bepergian ke mana-mana, terlebih untuk pergi ke tempat yang jauh, seperti pergi ke pasar untuk menjual jagung, menjual ubi (ubi kayu dan ubi yang sudah di iris dan dikeringkan) dan menjual barang. Sekarang kita mengenalnya dengan istilah ‘barter’ – artinya menukar barang dengan barang.

Singkatnya, masyarakat Dawan dahulu kala hanya jalan kaki, kemudian bisa menggunakan kuda. Sekarang, masyarakat mengenal jenis kendaraan mewah lainnya seperti sepeda, motor dan mobil. Dulu, jenis kendaraan ini dianggap barang mewah tetapi sekarang hampir semua orang sudah memilikinya. Terlebih motor. Hampir setiap rumah memiliki motor. Sehingga mulai dari orangtua sampai anak kecil – anak SD sekalipun sekarang sudah bisa naik motor dan sepeda. Dunia memang sudah maju. Kampung-kampung sedikit maju dengan adanya kendaraan bermotor.

Memang zaman sekaran tidak bisa kita bandingkan dengan zaman dahulu. Orang-orang pandai dan yang terbuka hati, memang ingin maju di zaman modern ini. Segala sesuatu harus cepat. Bepergian ke mana-mana harus selalu cepat. Untuk itu masyarakat tidak membutuhkan lagi kuda karena lambat. Saat ini mereka hanya ingin menggunakan kendaraan bermotor karena bisa bepergian dengan cepat. Maka semua orang ingin memiliki kendaraan bermotor.

Baiklah! Naik kendaraan bermotor memang baik. Bisa memudahkan kita dalam segala hal. Kita bisa bepergian dengan cepat, seperti bepergian untuk mengerjakan pekerjaan, kita bisa cepat menjalankan kerja.

Tetapi yang menjadi masalah kalau kendaraan bermotor salah digunakan oleh anak-anak. Anak-anak kadang kurang berahati-hati. Kalau menggunakan kendaraan bermotor cendrung ngebut. Melaju dengan motor seperti kuda liar yang lepas dari kandang. Dia kira hanya dia sendiri yang berkendaraan di jalan.

Yang lebih parah, kalau menggunakan kendaraan bermotor sambil mabuk miras. Kalau dipikir secara singkat bahwa orang yang berkendaraan sambil mabuk hanya ingin ‘mencari mati’. Sebagaimana kita tahu bahwa kalau mabuk miras itu seperti apa rasanya. Otak kita tidak bekerja dengan baik.

Hari Sabtu baru-baru ini – tanggal 24 Mei 2014, 2 orang pengendara motor menabrak sebuah truk yang sementara parkir di pinggir jalan. Kejadian ini terjadi di KM 9 dekat dengan tugu yang ada di depan kantor BAPEDA Kefa. Kejadian ini terjadi pada pagi hari sebelum matahari terbit. Saya sendiri tak melihat langsung kejadian ini, saya mendengar cerita dari orang bahwa pengedara motor ini mabuk. Mereka dalam keadaan mabuk saat mengendarai motor. Susah memang. Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa mengendarai motor sambil mabuk, memang kita hanya ingin mencari mati.

Orangtua kita sudah sering menasihati untuk tidak mabuk kalau mengendarai motor! Memang kadang sah-sah saja untuk meneguk alkohol, sekedar untuk senang-senang saja, akan tetapi setelah itu sebaiknya kita tidak memberanikan diri untuk mengendarai motor ataupun mobil.

Satu lagi kejadian waktu masih zaman SMA. Sebuah bis keluar dari jalan raya dan menabrak pohon mahoni. Kejadian ini terjadi di KM 12 jurusan Kupang. Bus dari arah Kefa menuju Kupang tetapi pas di KM 12 bus ini keluar jalur. Saya baru saja kembali ke rumah dari Kefa. Saya mendengar cerita di tempat kejadian bahwa sopir yang mengendarai mobil ini adalah sopir tembak (bukan sopir utamanya) dan beliau juga mabuk. Susah memang.

Mabok sambil mengendarai motor,.memang bahaya. Kita hanya mencari mati. Ya kalo mabuk mendinganistirahat. Cerita-cerita ini sengaja untuk diceritakan di sini supaya kita tahu dan tahu akibat dari mabok sambil mengendarai motor atau mobil. Selalu berpikir ulang dan ulang lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s